Header Ads Widget

10 Kampus Swasta di Sumatera yang Menyediakan Kelas Karyawan. Pekerja Masuk!

 10 Kampus Swasta di Sumatera yang Menyediakan Kelas Karyawan. Pekerja Masuk!




Selain untuk mahasiswa, kampus adalah tempat yang terbuka untuk para pekerja. Jika dulu kampus adalah tempat eksklusif yang hanya diisi oleh para lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan, hari ini ada banyak kampus negeri maupun swasta di Indonesia yang menerima karyawan. Bukan hanya di Jawa, ada juga banyak kampus swasta di Sumatera yang menyediakan kelas karyawan.


Seperti kita ketahui, ada banyak orang yang memilih bekerja lebih dahulu sebelum memutuskan untuk berkuliah karena masalah ekonomi. Di tengah-tengah menjalani pekerjaan itulah biasanya para karyawan memutuskan untuk berkuliah. Ada beberapa yang mencoba masuk ke universitas negeri, tapi kebanyakan kampus swasta yang jadi pilihan bagi para karyawan.


Apa itu Kelas Karyawan?


Sebelum masuk pada pembahasan, emang apa sih kelas karyawan ini? Bagaimana sistem belajar dan penjadwalan kuliahnya? Apa keunggulannya? Apa perbedaannya dengan kelas reguler? Kelas karyawan sendiri merupakan kelas kuliah yang dirancang dan diselenggarakan secara khusus untuk mahasiswa yang sudah bekerja.


Sementara kualitas dan proses pendidikan yang ada di kelas karyawan juga sama-sama dirancang serupa dengan kelas reguler biasanya. Setiap perkuliahan di kelas karyawan diatur secara terstruktur dan terjadwal. Selain itu, Kelas karyawan juga diampu oleh tenaga pengajar profesional dan berpengalaman di bidangnya masing-masing.


Perbedaan dan Keunggulan Kelas Karyawan


Karena secara rancangan serupa dengan kelas reguler, perbedaan kelas karyawan hanyalah di hari dan waktu kuliah. Biasanya, kelas karyawan berlangsung menyesuaikan dengan jam kerja para karyawan sehingga tidak mengganggu kegiatan dan pekerjaan para mahasiswa. Sementara itu, ada banyak juga keunggulan berkuliah di kelas karyawan, mulai dari;


  • Berkuliah 1-2 hari selama 1 minggu

  • Biaya kuliah dapat keringanan berupa cicilan

  • Beberapa mata kuliah kadang diselenggarakan secara daring sehingga jauh lebih fleksibel bagi para karyawan

  • Kelas karyawan tidak memiliki batasan umur. Berapapun umurnya, seorang karyawan bisa menjadi mahasiswa

  • Materi kuliah biasanya menyesuaikan dengan dunia kerja yang sesuai dengan karyawan


Rekomendasi 10 Kampus Swasta di Sumatera yang Menyediakan Kelas Karyawan


Setelah mengetahui apa itu kelas karyawan, perbedaannya dengan kelas reguler sampai keunggulannya, saatnya untuk masuk pada pembahasan utama. Untuk yang berdomisili di pulau Sumatera, berikut ini adalah 10 rekomendasi kampus swasta di Sumatera yang menyediakan kelas karyawan. Yuk simak!


1. Universitas Baiturrahmah


Yang pertama ada Universitas Baiturrahmah. Universitas ini sudah terakreditasi oleh BAN-PT dan menjadi salah satu pilihan kampus terbaik di Padang untuk karyawan karena menyediakan kuliah reguler pagi dan sore. 


Kampus Baiturrahmah berlokasi di tempat strategis yang mudah diakses dan memiliki gedung yang kondusif untuk pembelajaran para karyawan. Ada banyak fakultas yang bisa diambil karyawan di kampus ini.


2. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Padang


Selanjutnya ada Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Padang atau STIHP. Seperti namanya, STIHP Padang ini merupakan sekolah tinggi ilmu hukum. Tidak perlu khawatir, sekolah tinggi ini sudah terakreditasi oleh BAN-PT dan yang terpenting memiliki kuliah reguler pagi dan kelas sore untuk karyawan.


3. Universitas Pembangunan Panca Budi


Bukan cuman untuk mahasiswa reguler, Universitas Pembangunan Panca Budi yang terletak di Kota Medan ini juga menyediakan kelas khusus bagi karyawan. Untuk jadwal kuliah, ada kelas malam dari hari Senin-Jumat atau dari Senin-Kamis, Kelas Jumat dan juga Kelas Jumat-Sabtu.


Selain punya beragam jadwal yang fleksibel, Universitas Pembangunan Panca Budi juga memiliki beragam fakultas yang membuka kelas karyawan. Beberapa di antaranya seperti fakultas Hukum, Ekonomi, Teknik, Pertanian, Ilmu Komputer dan masih banyak fakultas lainnya.


4. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)


Lalu ada UMSU atau Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Sumatera khususnya Sumatera Barat, UMSU juga menyediakan kelas khusus untuk karyawan. Setiap tahunnya, UMSU membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru yang berminat untuk mengikuti kelas malam.


UMSU membuka pendaftaran dengan membaginya menjadi 3 gelombang dari mulai bulan Maret sampai Agustus. Ada banyak fakultas yang bisa karyawan ambil di UMSU. Ada fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Pertanian, Ekonomi dan masih banyak yang lainnya.


5. STMIK-STIE Mikroskil


Selanjutnya ada STMIK-STIE Mikroskil. Kampus swasta di Medan ini sangat terkenal menyandang predikat sebagai kampus IT terbaik di Sumatera Utara. Menariknya, kampus swasta ini menyediakan kelas khusus karyawan yang ingin kuliah sambil kerja dan bisa mengambil kelas malam agar tidak mengganggu jam kerja. Ada beberapa program studi yang bisa diambil di STMIK-STIE Mikroskil mulai dari Teknik Informatika, Sistem Informatika, Manajemen, Akuntansi, dan Manajemen Informatika.


6. Universitas Indo Global Mandiri


Setelah dari Sumatera Utara, kita berpindah ke Sumatera Selatan. Di posisi nomor 6, ada Universitas Indo Global Mandiri atau lebih dikenal dengan singkatan UIGM. Selain kelas reguler, kampus yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Palembang ini juga menyediakan kelas Karyawan.


Tujuan UIGM adalah untuk menyediakan pendidikan lanjutan bagi para mahasiswa yang sibuk bekerja. Karena itu, biaya  kelas karyawan di UIGM cukup terjangkau dan bisa dicicil sesuai kemampuan mahasiswa. Jadwal kelas karyawan di kampus ini juga bisa dipilih mulai dari kuliah malam atau kuliah hari sabtu.


7. Universitas Kader Bangsa


Masih di Palembang, ada Universitas Kader Bangsa atau UKB. Kampus swasta yang beralamat di Jalan I. Mayjen HM Ryacudu ini merupakan perguruan tinggi swasta yang baru berdiri pada tahun 2000 silam. Meski terbilang baru, Universitas Kader Bangsa kini sudah memiliki 6 fakultas dan membuka kelas karyawan.


Fakultas-fakultas yang bisa diambil oleh karyawan mulai dari fakultas Kesehatan, Farmasi, Hukum, Kebidanan dan Keperawatan, Ilmu Hukum, Manajemen serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan.


8. Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI)


Berpindah ke Provinsi Riau, selanjutnya ada UMRI atau Universitas Muhammadiyah Riau. Kampus swasta ini memberikan kemudahan luar biasa bagi para mahasiswa yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan studinya.


Ada banyak jurusan yang bisa diambil di kelas karyawan dan memiliki akreditasi B. Mulai dari jurusan Teknik Mesin, Kimia, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Komunikasi, Teknik Industri, Teknik Informatika dan Sistem Informasi Jadwal kuliah karyawan di UMRI dimulai pada malam hari dari hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 17.00 - 22.00.


9. Universitas Islam Riau


UIR atau Universitas Islam Riau merupakan salah satu kampus swasta yang telah terakreditasi A dan B. Meski kampus swasta, kampus satu ini memiliki puluhan ribu mahasiswa. Jumlah mahasiswa yang banyak tersebut karena adanya kelas reguler dan kelas karyawan dengan berbagai jurusan yang dipilih. Mulai dari Ilmu Hukum, Teknik Informatika dan masih banyak jurusan-jurusan lain.


10. Universitas Bandar Lampung (UBL)


Terakhir ada Universitas Bandar Lampung atau UBL. Kampus yang beralamat di Jalan ZA Pagar Alam Nomor 26 dan Nomor 28 Labuhan Ratu, Bandar Lampung ini menjadi salah satu PTS favorit karena menyediakan kelas untuk mahasiswa yang juga berstatus karyawan.


Selain itu, ada banyak fakultas dan jurusan yang tersedia bagi para karyawan yang ingin berkuliah di UBL. Mulai dari Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Teknik, Ilmu Komputer, serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan.


Nah itulah 10 kampus swasta di pulau Sumatera yang menyediakan kelas karyawan. Semoga saja artikel ini bisa menjadi referensi untuk para karyawan di seluruh pulau Sumatera yang ingin melanjutkan studi kuliahnya.


Posting Komentar

0 Komentar